PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY PADA KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Science Technology and Society, mengetahui desain awal pengembangan model, validasi ahli desain pengembangan model, mengetahui tanggapan guru terhadap produk akhir dan efektivitas pengembangan model yang diterapkan pada siswa kelas V SDN Panancangan 1 Serang. Penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan model pengembangan (research and development) ADDIE. Pengembangan penelitian awal menghasilkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berisi materi tema lingkungan sahabat kita subtema manusia dan lingkungan. RPP dalam penelitian pengembangan ini melalui uji ahli materi dan ahli model pembelajaran. Uji coba pelaksanaan dilakukan pada 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli dan observasi. Observasi ini digunakan untuk menilai tanggapan guru terhadap produk akhir pengembangan dan menilai efektivitas model yang dikembangkan yang diterapkan pada siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada penelitian ini diperoleh produk model yang yang layak digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli materi dinyatakan sangat layak (86%). Hasi validasi ahli model dinyatakan sangat layak (88%). Tanggapan guru terhadap produk akhir dinyatakan efektif (88%). Efektivitas model terhadap hasil belajar siswa dinyatakan efektif dengan rata-rata nilai hasil belajar (77,5).