PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Tamara Anjani STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
  • Iman Sampurna STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
  • Anggi Rahmani STKIP Setia Budhi Rangkasbitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share di kelas IV SDN 3 jatimulya tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilakukan dengan menggunakan dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu untuk menjelaskan gambaran mengenai kondisi dengan cara menghitung nilai rata-rata angket dan tes. Sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Jatimulya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share dapat meningkat dengan nilai diatas KKM yaitu 75 dan minat belajar siswa yang tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 85,44.

Published
2023-01-19
How to Cite
Anjani, T., Sampurna, I., & Rahmani, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 6(2), 112-117. Retrieved from https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/152

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.