PENERAPAN METODE PICTURE TO PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN MATEMATIKA PADA KELAS III SDN 2 NARIMBANG MULIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode picture to picture dalam upaya meningkatkan menyelesaikan soal perkalian matematika pada kelas III SDN 2 Narimbang Mulia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data siswa kelas III yang berjumlah 37 siswa diperoleh dari hasil pembelajaran matematika. Hasil ini yaitu bahwa metode picture to picture yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal perkalian matematika pada kelas III SDN 2 Narimbang Mulia yang melibatkan langsung pada siklus I dan siklus II. Dari hasil yang terlihat dalam presentase ketuntasan belajar pada siklus II yaitu sebesar 81%. Maka dapat simpulkan bahwa penerapan dengan metode picture to pictire dianggap dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran perkalian matematika