PENERAPAN METODE PICTURE TO PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN MATEMATIKA PADA KELAS III SDN 2 NARIMBANG MULIA

  • Anggi Rahmani STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
  • Yadi Heryadi STKIP Setia Budhi Rangkasbitung
  • Ita Pursita STKIP Setia Budhi Rangkasbitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode picture to picture dalam upaya meningkatkan menyelesaikan soal perkalian matematika pada kelas III SDN 2 Narimbang Mulia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data siswa kelas III yang berjumlah 37 siswa diperoleh dari hasil pembelajaran matematika. Hasil ini yaitu bahwa metode picture to picture yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal perkalian matematika pada kelas III SDN 2 Narimbang Mulia yang melibatkan langsung pada siklus I dan siklus II. Dari hasil yang terlihat dalam presentase ketuntasan belajar pada siklus II yaitu sebesar 81%. Maka dapat simpulkan bahwa penerapan dengan metode picture to pictire dianggap dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran perkalian matematika

Published
2023-01-19
How to Cite
Rahmani, A., Heryadi, Y., & Pursita, I. (2023). PENERAPAN METODE PICTURE TO PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN MATEMATIKA PADA KELAS III SDN 2 NARIMBANG MULIA. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 6(2), 94-101. Retrieved from https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/149

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.